Polres Karo Rekrut Peneliti Lokal Untuk Responden Eksternal Polri

anitamanua, 23 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KARO - Guna penilaian kinerja Polres Tanah Karo ditengah masyarakat, Rabu (20/05/2020) bertempat di Aula Pur-Pur Sage Mapolres Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, dilaksanakan indeks tata kelola (ITK) Kepolisian.

Berbagai elemen masyarakat, mulai dari akademisi, Pemkab, media massa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pihak swasta, tokoh pemuda seperti Ikatan Pemuda Karya (IPK), Pemuda Pancasila (PP), Serikat Buruh dan LSM turut hadir memberikan penilaian terhadap kinerja Polri, khususnya Polres Karo.

Kapolres Karo, AKBP Yustinus Setyo, Sik mengatakan sejak jaman reformasi, banyak sekali perubahan di tubuh Polri itu sendiri. Bahkan perubahan itu bisa dirasakan masyarakat. Seperti saat ini, masyarakat sudah tidak takut lagi melihat polisi, dalam arti telah menjadi teman atau mitra masyarakat.

"Kalau sebelum reformasi, masyarakat takut melihat polisi. Skarang sudah seperti teman, karena Polisi adalah pengayom dan pelindung masyarakat," ujarnya.

Meskipun begitu, masih juga ada hal lain yang belum signifikan. Itu yang perlu dipahami masyarakat. Seperti dalam hal pelayanan, ada perkara yang harus cepat ditanggapi dan ada juga yang perlu diselidiki dulu. 

"Intinya kita sebagai penegak hukum atau kepolisian akan selalu mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat. Tugas kami sebagai pengayom dan pelindung bahkan menjadi teman ditengah masyarakat,"sebut Kapolres.

Dikatakannya, ITK adalah instrumen untuk mengukur kinerja dan capaian program reformasi birokrasi  Polri yang menjadi landasan untuk mengambil kebijakan berdasarkan bukti.

Begitu juga sebagai alat perbandingan kinerja yang objektif, adil dan akurat berdasarkan tujuh prinsip Good Governance dan dasar hukum Perkap No.5 Tahun 2018 tentang pengukuran tata kelola Polri.

Dimana dalam tata kelola ITK - 2020 tentang objek penilaian Polres serta Verifikator data Polda-Pokja dan pengolahan data kemitraan sebagai tolak ukur perubahan kinerja. 

"Sedangkan untuk pengambilan data persepsi telah kita laksanakan selama sebulan secara bersama-sama. Pengisian kuisioner dipandu oleh peneliti lokal yang menggunakan Handphone Android masing-masing responden,"tambah Kapolres.

Sementara, lanjutnya lagi, jika jumlah responden yang datang kurang dari 35 orang. Maka peneliti  melakukan wawancara langsung mendatangi responden untuk mendengar langsung penilaian terhadap kinerja Polri khususnya Polres. Sehingga dapat memenuhi kuota.

Dalam pengisian data yang dilakukan responden, disitu jelas tertulis beberapa item pertanyaan yang telah disediakan untuk memberi penilaian dan saran terhadap kinerja Polri dalam mengayom masyarakat.(Anita)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu